5 Tips Perawatan Mobil Baru yang Jarang Dipakai

Punya mobil baru di rumah yang jarang dipakai? Meskipun kondisinya masih baru sekaligus jarang sekali dipakai, bukan berarti tidak memerlukan perawatan intens. Pemiliknya tetap harus memberikan perawatan rutin selayaknya perawatan mobil pada umumnya. Termasuk melindunginya dengan beli asuransi online untuk perlindungan kendaraan Anda.

 

Tips Perawatan Mobil Baru dan Jarang Dipakai

Mobil adalah jenis kendaraan impian, semua orang tentu ingin memilikinya. Jika punya kesempatan untuk punya maka perlu dirawat dengan baik dan benar agar awet. Perawatan pada mobil jenisnya sangat beragam dan berlaku untuk semua jenis mobil. Termasuk untuk mobil baru yang cenderung jarang dipakai.

 

Kebanyakan orang mengira mobil baru yang jarang dipakai tidak membutuhkan banyak perawatan seperti mobil baru yang nyaris dipakai setiap hari oleh pemiliknya. Namun anggapan ini tetap keliru. Sebab mesin mobil dan bagian lainnya tetap butuh perawatan agar tidak rusak dan usang begitu saja.

 

Jika saat ini memiliki mobil baru dan jarang dipakai, maka bisa merawatnya dengan beberapa tips berikut ini:

 

1. Memperhatikan Kebersihan Mobil

Tips perawatan yang pertama adalah memperhatikan kebersihan mobil, baik untuk interior maupun eksterior. Mulailah dengan rajin mencuci mobil agar tampilan luarnya tetap bersih dan selalu terlihat baru. Selain itu bagian dalam juga perlu dibersihkan mulai dari disapu, memakai vacuum khusus mobil, dan memberi wewangian.

 

Mobil yang dibiarkan kotor biasanya mudah usang karena beberapa bagian habis dimakan karat. Mencegahnya, tentu saja dengan rajin membersihkan mobil tersebut sekalipun masih baru dan jarang dipakai.

 

2. Cek Kondisi Mesin Secara Berkala

Perawatan yang kedua adalah melakukan pengecekan kondisi mesin secara berkala. Pastikan mesin bisa menyala dengan lancar, apalagi statusnya masih mobilĀ  baru. Jika suara berubah atau mungkin lebih berisik, sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

 

3. Panaskan Mesin Secara RutinĀ 

Pastikan untuk memanaskan mobil secara rutin, rutin disini tidak harus setiap hari minimal dua sampai tiga hari sekali. Fungsinya untuk memastikan mesin dalam kondisi prima. Sekaligus memastikan oli naik ke beberapa komponen agar memberi perlindungan di komponen-komponen penting.

 

4. Service Rutin ke Bengkel Resmi

Mobil baru yang jarang dipakai juga perlu dibawa ke bengkel untuk menjalani service rutin. Biasanya mobil baru memiliki fasilitas service gratis beberapa kali, jadi silahkan dimanfaatkan sesuai tenggat waktu agar tidak hangus. Service rutin membantu membersihkan komponen mesin lebih dalam sehingga kondisinya tetap prima.

 

5. Ganti Oli Secara Rutin

Tips perawatan berikutnya adalah melakukan ganti oli secara rutin. Meskipun jarang dipakai tetap ada kemungkinan oli rusak atau mengering karena satu dan lain hal. Jadi silahkan dibawa ke bengkel untuk dicek. Jika harus ganti oli maka bisa ganti oli tepat waktu. Supaya mobil siap dipakai kapan saja.

 

Mobil baru yang meskipun jarang dipakai tetap perlu perawatan rutin untuk merawat seluruh bagian mobil. Sekaligus memastikan mobil berfungsi dengan baik ketika dijalankan. Tidak ketinggalan, pastikan melindungi mobil dengan asuransi untuk aman dari masalah finansial saat resiko mobil rusak terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.