Ingin Menjaga Kesehatan Kaki? Yuk Coba Cara Sederhana Berikut Ini!

– Kawan Puan, kapan terakhir kali kamu melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kaki? Menjaga kesehatan kaki bagi sebagian orang kerap dipandang sebelah mata, padahal hal itu penting sekali lo dilakukan! Menjaga kesehatan kaki penting dilakukan karena kaki berperan menunjang beragam kegiatan sehari hari, misalnya berdiri dan berjalan.

Kaki yang sehat membuat aktivitas jadi lebih optimal. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan kaki dengan baik? Tenang, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kaki. Berikut beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan kaki:

Kaki yang sehat dimulai dari kaki yang bersih. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kaki jadi hal penting yang enggak boleh terlewat. Sebaiknya kita rajin mencuci kaki dan membersihkan kotoran di sela kuku juga sela jari kaki. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki hingga benar benar kering, terutama di lipatan sela jari kaki karena jamur sangat berpotensi tumbuh di tempat tersembunyi dan lembap seperti sela sela jari kaki yang tidak dikeringkan dengan benar.

Membersihkan kaki menghindarkan kita dari masalah kesehatan kulit seperti kapalan dan mata ikan lho, Kawan Puan. Setelah kaki bersih, jangan lupa juga untuk menyingkirkan kulit mati pada kaki. Caranya simpel karena kita hanya perlu menggosok bagian kulit mati yang mengeras dengan batu apung atau sikat khusus tumit. Lalu, jangan lupa untuk rutin mengunting kuku sebanyak 1 2 kali seminggu. Memotong kuku juga sebaiknya enggak melebihi batas putih, supaya kulit dalam kuku tidak terluka.

Rajin menggunakan pelembap jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit kaki. Sebab, kulit kaki kita juga mengalami penuaan dan rentan terhadap masalah seperti kulit kering dan kapalan. Oleh karena itu, cegah berbagai masalah kaki dengan menggunakan pelembap kaki. Pakai pelembap kaki setelah mandi atau setelah membersihkan kaki. Jangan oleskan pelembap pada sela jari ya, Kawan Puan. Sebab, hal tersebut akan membuatnya semakin lembap dan dapat menimbulkan infeksi jamur.

Model sepatu yang kita pakai juga bisa mempengaruhi kesehatan kaki, lho. Supaya kaki tidak sakit dan tetap nyaman saat digunakan, pastikan pakai ukuran sepatu yang pas dan sesuai. Dilansir dari Bobo.id , disarankan memilih sepatu dengan bentuk yang lebar agar bisa memberi ruang untuk jari jari kaki. Agar ukuran sepatu kita nyaman digunakan, sebaiknya beli sepatu di sore hari saat ukuran kaki sedikit membesar sehingga akan nyaman digunakan di waktu lainnya.

Selain itu, agar sepatu tidak lembap dan bisa memicu timbul bau tidak sedap, jangan lupa untuk menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Maih soal alas kaki, untuk menjaga kesehatan kaki kita juga disarankan untuk membatasi penggunaan heels atau sepatu bertumit. Sebisa mungkin jangan terlalu sering menggunakan heels apalagi dalam waktu yang lama.

Sebuah studi dari University of North Carolina yang dipublikasikan oleh International Journal of Clinical Practice (IJCP) via Kompas.com , pemakaian hak tinggi dalam waktu lama dapat membuat lemah otot pergelangan kaki sehingga kaki mudah cedera. Oleh karena itu, saat membeli sepatu lebih baik untuk mencoba berbagai ketinggian tumit mulai dari tumit rendah, sedang, hingga tinggi untuk menentukan mana yang paling tidak membuat kaki sakit. Bukan hanya menjaga kesehatan kaki, tips yang satu ini juga membantu kita terhindar dari bau kaki kurang sedap karena kaus kaki kotor.

Pastikan untuk menggunakan kaus kaki berbahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik, Kawan Puan. Selain itu, saran dari Institute of Chiropodists and Podiatrists di Inggris seperti yang dilansir dari Kompas.com , ukuran kaus kaki sebaiknya pas, tidak kebesaran, ataupun terlalu kecil. Kawan Puan, itulah beberapa cara menjaga kesehatan kaki yang bisa kamu coba.

Yuk segera praktikkan demi kesehatan kaki yang terjaga! (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.